Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-5
NAMA KELOMPOK :
MUHAMMAD NUR
ALFIE (24215711)
MARCHELLINO
M.R.S (24215015)
KELAS : 1EB19
1. APLIKASIKAN FUNGSI MANAGEMENT PADA SUATU
PERUSAHAAN YANG RILL / NYATA!
PT. Sinar Sosro, berdiri pada tahun 1974, PT SINAR SOSRO
merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia, Lahirnya Teh botol Sosro ,Keluarga Sosrodjojo memulai bisnisnya pada tahun 1940
di kota Slawi, Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh merek
“Teh Cap Botol”. Tahun 1965, Keluarga
Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke Jakarta dengan
melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di Jakarta.
Awalnya, datang ke pasar-pasar dengan
cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Setelah siap, seduhan teh
tersebut langsung dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Namun cara
ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses
penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya
tidak sabar menunggu.
Cara kedua, teh tidak lagi diseduh
langsung di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk
selanjutnya dibawa kepasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Lagi-lagi cara
ini kurang berhasil karena teh yang dibawa tumpah selama perjalanan dari kantor
ke pasar karena pada saat tersebut jalanan di Jakarta masih berlubang dan belum
sebagus sekarang.
Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh dan dikemas kedalam botol
yang sudah dibersihkan. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena
selain praktis juga bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya
dimasak seperti cara sebelumnya. Tahun 1969, diputuskan untuk menjual minuman
teh dalam kemasan botol secara massal dengan nama Teh botol Sosro.
Nama “Teh botol” diambil dari teh seduh merek ”Teh Cap Botol”, yang
saat itu sudah mulai terkenal di Jakarta dan ”Sosro” dari nama keluarga
pendirinya yakni ”Sosrodjojo”.
Perubahan Nama Botol Sosro, Tahun 1969, seiring
dengan semakin diminatinya Teh botol Sosro oleh masyarakat Jakarta, Teh botol
Sosro kemudian diproduksi dengan lebih massal tetapi masih dalam skala industri
rumahan dan menggunakan botol dengan desain umum / generic (image Botol Pertama
tahun 1969). Tahun 1972, Logo Tehbotol Sosro berganti design dan mulai
mencantumkan Logo Sosro di leher botol (image Botol Kedua tahun 1972). Tahun 1974, Logo Teh botol Sosro
kembali mengalami perubahan design dan pada saat yang bersamaan botol Teh botol
Sosro dirubah bentuknya menjadi lebih unik & menonjol – logo dan bentuk
botol tersebut masih digunakan sampai saat ini – serta produksinya sudah mulai
menggunakan mesin bertekhnologi tinggi yang di impor dari Jerman (image Botol
Ketiga tahun 1974).
2. BUATLAH
SKEMA CIRI – CIRI MANAJER PROFESSIONAL , KETERAMPILAN MANAGEMEN YANG DIBUTUHKAN
!
A)
Skema ciri-ciri Manajer Profesional
B) Skema
Keterampilan manajemen yang dibutuhkan
0 komentar:
Posting Komentar