Senin, 23 November 2015

Tulisan 3 Pengantar Bisnis


NAMA : MUHAMMAD NUR ALFIE (24215711)

KELAS : 1EB19


USAHA KATERING MAKANAN



PENDAHULUAN


            Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang bisnis katering makanan. Di dalam bisnis ini kita harus kiat-kiat menjalaninya terutama seseorang yang hobby memasak, pasti tentunya sangat bermanfaat dengan bisnis katering ini.
            Makanan atau hidangan adalah salah satu hal yang harus ada disetiap pesta, baik pesta ulang tahun,perkawinan, maupun syukuran. Akan tetapi banyak tuan rumah yang tidak sanggup memasak sendiri hidangan untuk para tamunya yang kadang berjumlah ratusan bahkan ribuan.
            Maka dari itu saya akan membahas mengenai usaha rumahan catering mkanan ini, semoga pembaca dapat bermanfaat dan bisa di lakukan untuk prmbaca yang ingin membuka usaha katering.


ISI



            Sekarang ini berbisnis di bidang kuliner memang merupakan sebuah tren dimasyarakat kita. Kita bisa melihat disekeliling kita semakin banyak sekali yang berjualan makanan baik makanan utama maupun makanan ringan. Alasan utama kenapa bisnis ini terus ada karena didukung konsumen yang terus meningkat. Siapa yang tidak membutuhkan makan? Semua makhluk hidup perlu makan. Selain makanan utama makanan ringan juga sangat laris.
            Karena makanan merupakan kebutuhan primer yang tak tergantikan membuat usaha dibidang katering ini tak pernah sepi pembeli. Apalagi jika anda jago masak dan pandai dalam mengatur komposisi makanan anda. Selain rasa yang perlu diperhatikan adalah harga, rasa yang enak ditambah harga yang terjangkau akan membuat jasa katering anda kebanjiran order.
            Dibidang makanan salah satu usaha kuliner yang cukup menjanjikan adalah katering. Target market katering ini sangat luas, mulai dari kantor-kantor hingga orang yang memiliki hajat seperti pesta pernikahan dan lain sebagainya.
            Usaha katering ini memang dapat dilakukan dimana saja, akan tetapi pemilihan tempat yang strategis sangat menentukan keberhasilan katering anda. Memilih lokasi yang strategis dimana masyarakat luas dapat menjangkau usaha anda dengan mudah merupakan salah satu kelebihan yang berperan penting dalam usaha katering yang anda jalani.
            Usaha catering ini sangat menjanjikan karena bisa menghasilkan laba jutaan hanya dalam waktu singkat. Akan tetapi usaha katering yang bisa dipercaya untuk menyiapkan makanan bagi ribuan tamu haruslah perusahaan katering yang besar dan berpengalaman, untuk menjadi besar maka usaha katering harus melalui dari yang kecil.
Berikut ini langkah-langkah untuk memulai usaha katering makanan :
  •       Menentukan jenis usaha rumahan katering makanan 
Ada berbagai macam jenis usaha katering, seperti berikut ini :

1. Katering Rumahan : Usaha katering yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng.

2. Katering makanan anak : yaitu katering makan pagi/siang untuk Anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak. Selain itu ada juga yang namanya katering makanan sehat dan katering makanan bayi

3. Katering Kantoran: yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor.

4. Katering Acara Khusus/Hajatan: Seperti pernikahan dan perayaan. Umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.
  •          Menyiapkan modal yang dibutuhkan
      1. Peralatan memasak. Untuk memasak 100 porsi misalnya, bisa dikerjakan dengan peralatan memasak yang ada dalam rumah tangga sehingga tidak perlu terburu-buru menanam modal hanya untuk membeli peralatan baru.

2. Ruangan / dapur Untuk katering rumahan, ruangan khusus tidak perlu disiapkan. Namun sebaiknya tata dapur Anda sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan dan tambahkan rak-rak khusus untuk tempat perlengkapan memasak.

3. Rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur Kalau perlu beri label pada tempat masing-masing bumbu untuk memudahkan proses memasak.

4. KeuanganSebagai pemula, biasanya Anda belum bisa berutang alias masih memakai modal sendiri. Modal yang Anda perlukan untuk berbelanja bahan makanan. Estimasi biaya yang diperlukan sekitar 500 – 2 juta rupiah. Tergantung banyaknya pesanan yang anda kerjakan. Cobalah dengan skala kecil hingga besar.
  •                       Menyiapkan keterampilan yang harus dimiliki 
1. Keterampilan yang harus anda miliki dalam usaha rumahan katering makanan ini adalah Aneka masakan dan variasinya. Memasak memang urusan selera, tetapi tetap ada standart tersendiri yang harus dikuasai. Bedakan standar ini dengan pesaing anda.

2. Anda harus pintar mengelola bahan-bahan makanan dan penggunaannya agar tidak boros dan terhindar dari kerugian.

3. Membina hubungan dengan siapa saja, bahkan dengan pesaing atau sesama pengusaha katering. Anda juga harus tahu harga yang ditetapkan pengusaha katering lainnya agar bisa menentukan harga yang pas.

4. Perhatikan cara memasak dan menyimpan hasil masakan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari masakan menjadi basi/bau akibat penanganan atau penyimpanan yang salah.

5. Informasi tempat persewaan peralatan makan dan penyajian yang lengkap dan murah. Lebih baik Anda tahu lebih dari satu tempat persewaan untuk menghindari kekosongan barang pada saat-saat ramai.

              Di awal memulai usaha katering ini biasanya memerlukan modal untuk berbelanja bahan-bahan makanan sampai 70% dari harga makanan yang di pesan. Jadi untuk mensiasatinya anda bisa meminta pembayaran di depat/uang muka. Selain pembayaran cash, untuk usaha katering ini meperlakukan pembayaran tempo. Sistem pembayaran tempo ini anda terapkan jika usaha katering anda  semakin maju dan mendapatkan pelanggan banyak.


PENUTUP


Usaha katering ini adalah usaha dengan modal kepercayaan sehingga anda harus memastikan membayar tepat waktu dan mengirim pesanan tepat waktu kepada pelanggan sekalipun misalnya pelanggan tersebut belum/telat membayar katering.
Maka dari itu jika ingin membuka usaha katering pastikan dulu hal-hal yang harus dilakukan agar tidak menimbulkan kerugian. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menjadi motivasi agar dapat membuka usaha rumahan katering makanan ini.



DAFTAR PUSTAKA





0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pages

Blogger templates

Recent Comments

Popular Posts