Senin, 23 November 2015

Tulisan 2 Pengantar Bisnis



NAMA : MUHAMMAD NUR ALFIE (24215711)

KELAS : 1EB19


PELUANG BISNIS UNTUK MAHASISWA



PENDAHULUAN

Banyak orang yang menyangkal mahasiswa mahasiswa adalah anak-anak yang masih bergantung pada orangtua, namun tak disangka banyak dari mereka yang mampu menunjukkan kepandaian dalam berwirausaha.
Sebagian besar lainnya, walaupun belum menghasilkan usaha yang nyata dan menghasilkan laba yang signifikan, sudah tergerak untuk menekuni dunia wirausaha tetapi masih terganjal sejumah faktor..Tentang faktor kebingungan mengenai minat dan bidang usaha yang akan digarap, sebenarnya hal ini bisa dipecahkan dengan membuka mata dan telinga seluas-luasnya. Artinya, mahasiswa bisa lebih peka dalam mengetahui apa yang mereka inginkan untuk tekuni dan kerjakan jika mereka mau bersungguh-sungguh dalam membuka pikiran terhadap semua hal yang ada di sekitarnya. Semakin terbuka, semakin besar peluang untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian dan profitable..
Maka dari itu, saya disini akan membahas tentang beberapa peluang bisnis di kalangan mahasiswa. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan bisa di lakukan para pembaca sekalian.


ISI


Pada dasarnya bisnis untuk mahasiswa ini sangatlah banyak. Jika Anda termasuk mahasiswa yang aktif dan tidak mau tinggal diam pasti akan menemukan banyak cara untuk dapat menghasilkan rupiah. Dengan kesibukan Anda belajar di bangku kuliah tentu sebagian dari waktu Anda bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis meskipun kecil-kecilan.
Bisnis kecil-kecilan tidaklah menjadi masalah, karena pada dasarnya orang besar juga bermula dari hal yang kecil maka Anda tidak perlu minder atau malu. Jalani saja dengan percaya diri dan penuh keyakinan, pasti Tuhan akan membantu Anda untuk sebuah kesuksesan.
Mau Tahu Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa??, Kenali Hobi dan Bakat Anda .!. Salah satu bisnis yang dapat Anda lakukan sambil belajar di bangku kuliah yaitu bisnis yang sesuai dengan hobi Anda. Bisnis sesuai dengan hobi Anda tentu akan lebih enjoy dan menyenangkan untuk dijalankan karena Anda bekerja dengan tanpa adanya tekanan melainkan kesukaan sekaligus bisa membantu untuk menggali lebih dalam tentang bakat terpendam yang Anda miliki.
Jika kita akan melakukan suatu bisnis atau usaha maka kita harus merencanakan terlebih dahulu usaha apa yang akan kita jalani terutama kita yang masih duduk di bangku perkuliahan. Mungkin beberapa peluang bisnis yang bisa diikuti atau dijalani oleh mahasiswa misalnya sebagai berikut :

Bisnis pulsa elektrik
Biasanya bisnis ini banyak dipilih sebagian besar mahasiswa. Selain simple dan mudah untuk dilakukan, bisnis ini mendatangkan keuntungan yang lumayan jika anda dapat mengelolanya dengan baik. Untung dalam sekali penjualan pulsa berkisar antara 500 - 1500 rupiah. Jadi , misalnya saja 10 orang teman anda membeli pulsa anda, untungnya bisa mencapai 5000 – 10.000 rupiah. Jika anda pandai mengelolanya secara konsisten dan jangka panjang, dijamin keuntungannya bisa berkali lipat.
  
Menjual Jasa Online
Ada banyak sekali situs-situs jual logo diinternet cobalah cari menggunakan mesin pencari seperti google kemudian daftar disana dan tawarkan logo anda, tetapi sebelumnya baca dulu peraturan dan ketentuan dari situs tersebut. Selain desain logo masih banyak jasa-jasa lainnya seperti desain banner, edit foto dan masih banyak lagi.

Menjadi Blogger
Untuk seorang mahasiswa menjadi blogger bisa dimulai dengan tanpa modal yakni memanfaatkan platform blog gratisan seperti blogger.com. Mulailah membuat akun disana dan mulai mengisinya dengan artikel-artikel yang bermanfaat untuk orang lain. Pilihlah tema-tema yang mudah dan kalau bisa sesuai dengan minat anda sehingga tidak bosan anntinya dalam membuat artikel. Ketika traffik blog tersebut mulai banyak maka selanjutnya adalah menghasilkan uang dari blog tersebut.
Cara pertama ialah dengan menyediakan space iklan kemudian buatlah sebuah halaman yang berisi cara-cara beriklan di blog anda. Cara kedua anda bisa mendaftar program periklanan PPC seperti google adsense, bidvertiser, chitika dan lain-lain. Cara lainnya adalah dengan berpartisipasi dengan affiliate program. Tak sedikit juga blogger-blogger Indonesia yang masih duduk dibangku mahasiswa yang mampu menghasilkan uang hingga puluhan juta tiap bulannya.

Menjual makanan kecil
Menjual makanan kecil dikampus khususnya di ruang kelas pada saat pergantian mata kuliah dan ada waktu jeda singkat diantaranya seringkali dapat menjadi peluang usaha bagi mahasiswa. Makanan kecil berupa kue, snack, air mineral. Jadi usaha ini cukup baik untuk di jalankan apalagi jika kantin kampus letaknya cukup jauh dari ruang kuliah.

Jasa print dan pengetikan
Jasa print dan pengetikan memang menjadi salah satu alternative yang masih dan selalu menjanjikan bagi para mahasiswa. Terlebih untuk anda yang tinggal atau kost di seputaran lingkungan kampus, usaha yang satu ini sangat menjanjikan meskipun hanya dilakukan sebagai sampingan.
Hal terpenting yang dibutuhkan untuk mulai membuka bisnis ini adalah kemampuan dalam bidang pengetikan tersebut. Pasalnya, terkadang pelanggan pengetikan atau print cenderung akan kembali jika hasil jasa yang anda berikan memuaskan. Yang kedua tentunya peralatan komputer dan printer. Untuk masalah ini sebenarnya bisa diakali dengan pinjam teman atau membeli perangkat second yang lebih murah.Dan yang ketiga adalah kesiapan waktu. Kenapa dengan waktu? Sebenarnya peluang potensial dari usaha ini adalah bisa memberikan jasa kapanpun diperlukan. Memang banyak counter pengetikan dan print yang sudah menjamur, namun bayangkan jika anda bisa melayani kapanpun dibutuhkan. Tentunya pelanggan akan lebih senang, terutama jika dijalin dengan sistem pertemanan nampaknya akan semakin potensial usaha yang satu ini.


PENUTUP
KESIMPULAN

Peluang bisnis akan ada disetiap kesempatan apabila kita mau berusaha dan jeli melihat peluang baik dibidang perlu keseriusan agar bisnisnya memuaskan. Bisnis itu mulailah dengan yang kita sukai. “ikutilah kesukaan dan gairah kita, maka kesuksesan akan mengikuti.”
Jadi hal pertama, sebaiknya kembangkan dari apa yang kita suka. Kalau kita suka insyaallah akan nikmat menjalaninya. Baik jalanin bisnis maupun kuliah keduanya akan sukses jika kita bersungguh-sungguh.


DAFTAR PUSTAKA


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pages

Blogger templates

Recent Comments

Popular Posts